“Banten harus maju!”

Ungkapan inilah yang menggugah legislatif dan eksekutif, setelah Banten resmi menjadi provinsi pada tahun 2000. Hal yang harus disiapkan untuk membanguna Banten adalah sumber daya manusia yang handal dan memiliki dedikasi, loyalitas yang tinggi untuk kemajuan Banten.

Setelah kurang lebih 4 tahun mempersiapkan rumusan pengembangan SDM Banten, muncullah wacana untuk mendirikan SMA unggulan Banten sebagai pusat pengembangan SDM demi menciptakan putera-puteri Banten yang memiliki kemampuan religik, ekonomik, dan sosial pribadi yang diperlurus dengan kaidah ekselensi dan Islami.

Pada Juli 2005 SMA Unggulan Banten resmi beroperasi dengan nama SMA Cahaya Madani Banten Boarding School atau disebut SMA CMBBS. Pada saat itu SMA CMBBS merekrut 46 siswa yang diambil dari lulusan terbaik SLTP seluruh Banten.

Hasil luar biasa sejak tahun pertama beroperasi SMA CMBBS telah mampu membuktikan dan mensejajarkan diri dengan sekolah yang sudah ada di Provinsi Banten. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan dan prestasi yang diraih oleh siswa-siswi SMA CMBBS.

Seiring dengan perkembangan waktu, pada tanggal 31 Juli 2007 SMA CMBBS resmi menjadi sekolah negeri dengan SK Gubernur Prov. Banten No. 421.3/Kep.SOS-Huk/2007. sejak terbitnya SK Gubernur tersebut Sekolah ini menjadi SMAN CMBBS dengan jumlah siswa sebanyak 155 siswa (6 rombel).

SMAN CMBBS akan terus melaksanakan pengembangan sehingga visi dan misi atau tujuan, target sekolah dan harapan masyarakat Banten terhadap SMAN CMBBS dapat direalisasikan.

Dreamwall kelas XII